Tips Menulis di Blogg dari Om Dedi

Resume Webinar ASEI Pertemuan ke-7
Hari/tanggal            : Minggu, 2 Agustus 2020
Narasumber            : Dedi Dwitagama
Moderator               : Amandea Sitorus
Penulis Resume      : Muhamad Halili

AISEI Writing Club adalah Komunitas Pendidik Indonesia. pada hari Minggu tanggal 2 Agustus 2020 komunitas tersebut menyelenggarakan webinar virtual yang ke-7. Saya sebagai pemula yang masih awam tentang ngeblog mengikuti juga kegiatan ini meskipun tidak dari awal, pada sesi ini juga kiranya agak terlambat pula.
Topik yang dibicarakan adalah "Mendokumentasikan Kegiatan Melalui Blog" dengan pemateri yaitu Bapak Dedi Dwitagama, Guru Matematika di SMKN 50 Jakarta.
Kegiatan webinar ini diawali oleh Ibu Amandea Sitorus sebagai Pembawa Acara yang menjelaskan tentang apa itu AISEI Writing Club, visi, misi dan ketentuan dalam mengikuti kegiatan webinar ini. Pembicara selanjutnya adalah Ibu Dr. Capri Anjaya, S.Pd.M.Hum. selaku Manager dan pendiri AISEI. "Harapan dari grup AISEI ini antara lain 1. Peserta dapat menulis di blognya secara rutin. 2. Peserta mengumpulkan tulisannya tentang pengalaman mendidik dari sudut pandang orang tua ataupun guru kepada AISEI untuk dibuat buku. 3. Masing-masing peserta dapat membuat buku kumpulan dari artikel-artikel yang ditulis di blognya. target akhir 2020." kata Ibu Capri Anjaya.
Kegiatan webnar ini dilaksanakan dua minggu sekali dimulai sesi pertama yaitu tgl 3 Mei 2020, yang kedua tanggal 17 Mei 2020, yang ketiga tanggal 7 Juni 2020, yang keempat tanggal 21 Juni 2020, yang kelima tanggal 5 Juli 2020, yang keenam tanggal 19 Juli 2020 dan yang ketujuh sekarang ini tanggal 2 Agustus 2020 dan sampai selesai nanti hingga 20 kali pertemuan.
Selain harapan di atas Ibu Capri juga menambahkan bahwa kepada teman-teman yang belum bergabung  di AISEI silahkan segera bergabung di AISEI dan untuk menjadi member gratis. Ingin semua anggota nantinya harus terus belajar. Kalau sudah pintar belajarnya harus mau berbagi, habis mau berbagi harus bisa menginspirasi orang lain dan harus mau menulis dan menulis.
Pembicara berikutnya adalah Om Jay alias Wijaya Kusumah sebagai promotor AISEI dan Guru Blogger Indonesia. Beliau memperkenalkan diri dan memperkenalkan Bapak Dedi Dwitagama yang biasa dipanggil Om Dedi. Om Jay adalah murid ngeblok dari Om Dedi sejak pertemuannya di Teras UNJ. Beliau ini kata Om Jay ternyata Kepala Sekolah dan Pembicara Nasional dan akhirnya Om Jay ngikut untuk menulis dari tukang ngotret sampai jadi tukang dikotret.
Tiba Saatnya Bapak Dedi Dwitagama sebagai pembicara untuk memberikan materi.
Mengawali pembicaraannya Om Dedi mengapresiasi AISEI yang menggunakan terminologi kata "Pendidik" karena menurut beliau banyak organisasi mengunakan kata guru termasuk organisasi besar yang ada di Indonesia. Pendidik itu levelnya lebih tinggi dibanding dari guru. kalau jadi guru semua orang bisa, tapi tidak semua orang bisa menjadi pendidik. ada filosofinya.
Bercerita tentang pertemuannya dengan Om Jay di Teras Pascasarjana UNJ. Om Jay belajar ngeblog darinya. Ia merasa bangga terhadap Om Jay karena sebagai anak didik ia lebih sukses dari padanya sebagai gurunya. Tulisan Om Jay di blog lebih gila daripada tulisan dirinya. Muridnya lebih berhasil daripada gurunya itu hal yang luarbiasa. Sedangkan Ia sendiri belajar ngeblog dan menulis di tahun 2005 dari Agus Sampurno adiknya yang bercerita bahwa di Amerika ada yang ngetren baru yaitu blog. Apa itu blog? Blog adalah sama dengan buku diary yang diupload ke internet. Lihatlah meja kerja anda! Kalau meja kerja anda masih banyak koreksian tugas anak-anak jika hanya dalam bentuk lembaran setelah anda koreksi maka lembaran tugas itu tidak memiliki makna. Tapi bagaimana jika tulisan tersebut dalam bentuk digital setelah puluhan tahun pun tugas itu masih bisa dibaca maka akan menjadi nilai historis sendiri bagi siswa anda.
Beliau bercerita bahwa pada awal ngeblog ia tidak fokus karena ada kegiatan di sekolah, ada kegiatan sebagai keluarga, ada kegiatan sebagai fotografer dan ada juga kegiatan SIMATUPANG yaitu siang malam tunggu panggilan sebagai Narasumber Nasional. Tapi akhirnya setelah dua tahun fokus juga menulis di blogspot dan mendokumentasikan tulisan-tulisan yang berisi tentang ide-ide dibidang pendidikan, sebagai narasumber, bidang fotografi. Bahagianya menjadi blogger yang telah memberikan materi 128 forum, setiap bulan 10 forum menjadi pembicara. Hasil dari itu bisa membeli mobil di atas kelas avanza gara-gara ngeblog.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini